Selasa, 16 Agustus 2011

Consumer Behavior Class (Kelas Perilaku Konsumen) Tuesday Morning Department of Family and Consumer Sciences - College of Human Ecology - Bogor Agricultural University

Lecturer: Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc.

Session 1

My First Time Joining The Consumer Behavior Class
Oleh Annisa Nurul Utami, Mayor IKK (Ilmu Keluarga dan Konsumen) - College of Human Ecology

Morning, 16th August 2011, at 8.00 a.m., Annisa Nurul Utami had stayed on her chair in the classroom (R.K. B1-C1). She is me, a new student of Departemen of Family and Consumer Sciences. Saya telah siap menghadapi hari di pagi itu. Dengan semangat yang membara, saya telah bertekad untuk menyimak dan meraih banyak ilmu dari pengajar-pengajar saya. Sehari sebelumnya, kebetulan saya telah melihat jadwal bahwa yang akan mengajarkan saya dan teman-teman saya di awal pagi itu adalah Bapak Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc yang sekaligus merupakan Dosen Pembimbing Akademik saya. Beliau akan mengajarkan kuliah Perilaku Konsumen. Sungguh, hal ini menambah semangat saya untuk menghadapi hari dan mengikuti jadwal mata kuliah saya untuk hari Selasa ini.
Pertama, beliau menunjukkan kepada kami semua slide-slide yang berisikan Kontrak Perkuliahan Perilaku Konsumen. Penjelasan beliau cukup detail mengenai hal ini. Kami semua pun sepakat menyetujui adanya kontrak  perkuliahan tersebut. Selanjutnya, dipresentasikan oleh beliau materi awal kuliah Perilaku Konsumen.  Beliau memberitahukan pada kami bahwa apa-apa yang akan dijelaskan hari ini diangkat dari bahasan-bahasan utama yang terdapat di ddalam buku karyanya yang berjudul Pemasaran Strategik. Beliau menjelaskan tentang banyak hal mengenai semua itu di awal bab. Penjelasannya mengenai definisi dari konsumen, perilaku konsumen, sampai pada faktor-faktor penting yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam memilih barang seperti situasi. Pembelajaran pagi itu cukup menyenangkan. Saya terbawa suasana riuh respon-respon kawan-kawan lainnya atas setiap objek menarikyang dijelaskan Pak Ujang. baru pertama kalinya saya mengalami metode perkuliahan seperti yang dilakukan Pak Ujang saat itu. Cukup menyenangkan dan tidak membawa kebosanan dalam diri saya. Saya dan kawan-kawan lainnya menjadi cukup paham akan beberapa hal terkait perilaku-perilaku dari seorang konsumen, terutama konsumen di Indonesia.

Ini semua menambah percaya diri saya untuk melangkah lebih jauh ke pengalaman baru saya memasuki dunia Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen. Awal yang baik menurut saya. Seusai mengikuti kuliah, dalam pikiran saya sampai timbul keingintahuan mengenai apa saja yang menyebabkan negara kita, Indonesia, menjadi negara yang masyarakatnya sebagian besar menjadi pribadi konsumtif? Lalu, apa yang kira-kira harus Indonesia lakukan supaya semua warga negaranya mampu berpotensi baik dalam mengelola sumber daya alamnya sendiri?

Tidak ada komentar: