Selasa, 20 September 2011

Consumer Behavior Class (Kelas Perilaku Konsumen) Tuesday Morning Department of Family and Consumer Sciences - College of Human Ecology - Bogor Agricultural University

LECTURER : Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc

Session 4

The Subject is about 'INFORMATION PROCESSING AND CONSUMER PERCEPTION'

Pagi tadi, saya seperti biasanya mengikuti mata kuliah Consumer Behavior di kelas Pak Ujang Sumarwan. Perbedaan yang hadir dan membawa semangat pagi yang baru adalah mulai pagi itu jam kuliah diganti menjadi jam 07.30 WIB. Ya, pagi-pagi saya berangkat dan mencoba datang lebih awal dari sebelumnya setelah sarapan pagi. Ruangannya seperrti biasa di RK. B1-C1 yang ada di bawah Auditorium Tayib milik IPB.

Subjek yang dibahas hari ini mengenai Pengolahan Informasi dan Persepsi Konsumen. Pak Ujang memulainya dengan memberitahukan kepada aku dan teman-teman kuliah lainnya tentang pengertian dari Mowen dan Minor tentang Proses Pengolahan Informasi. Kedua ilmuwan tersebut bilang bahwa proses pengolahan informasi "is the process through which consumers are exposed to information, become involved with it, attend to it, comprehend it, place it into memory, and retrieve it for later use."
Selanjutnya, tahap demi tahap yang menyangkut The Information Processing Models atau lima tahap pengolahan informasi dibahas secara rinci oleh Pak Ujang. Urutannya adalah: 1) Stimulus, 2) Pemaparan, 3) Perhatian, 4) Pemahaman, 5) Penerimaan, 6) Retensi, hingga 7) Memory. Beliau atas dasar pernyataan Mowen (1998) mengatakan di tahap-tahap itu mulai dari Pemaparan, Perhatian, sampai dengan Pemahaman disebut sebagai Persepsi.

Selain itu, Pak Ujang menyajikan beberapa contoh iklan di sekitar masyarakat yang memanfaatkan penonjolan iklannya sebagai faktor stimulus. Karena, hal tersebut sangat penting pengaruhnya agar dapat perhatia dari banyak konsumen. Di antaranya faktor-faktor itu adalah :
- Ukuran
- Warna
- Intensitas
- Kebauran
- Kontras
- Isolasi, dsb.

Di kelas itu, kami juga diterangkan tentang Sensasi, Ambang Absolut, Perbedaan Ambang, Figure and Ground, Grouping, Closure hingga ke macam-macam Memory.

Setelah usai perkuliahan, kami mendapatkan tugas untuk membuat tiga buah pertanyaan menyangkut Bab 4 yang baru saja dibahas.

Pertanyaan milik saya adalah :
1. Bagaimana agar suatu informasi dengan mudah konsumen masukkan ke dalam Memori Jangka Panjangnya?
2. Sebenarnya, apa saja yang diharapkan oleh produsen terhadap konsumen mengenai penyajian iklan mereka?
3. Iklan yang disalurkan melalui media yang seperti apa yang akan sangat efektif dan efisien dalam mempengaruhi perilaku konsumen agar tertarik pada sebuah produk?
 

Tidak ada komentar: